Photobucket

Selasa, 07 Desember 2010

Cara Merubah Blog Nofollow Menjadi Dofollow

Pada posting kali ini akan kita bahas mengenai cara merubah settingan default blogspot kita yang “nofollow” menjadi “dofollow“.

Sebelumnya kita perjelas dulu apa maksud dari “nofollow” dan “dofollow“. Blog yang “dofollow” maksudnya adalah blog yang memberikan backlink gratis jika kita menulis comment di blog tersebut. Atau dengan kata lain kita akan mendapatkan one way link. Sedangkan default dari blogspot sendiri adalah “nofollow” sehingga comment kita di blog tersebut tidak akan dihitung sebagai backlink.
Sekarang apa keuntungan dan kerugian dari merubah blog kita yang aslinya “nofollow” menjadi “dofollow“?


Keuntungan Blog Dofollow:

  • Meningkatkan traffic blog, karena blog tipe ini sering dicari oleh blogger untuk meninggalkan comment. Bahkan ada direktori khusus untuk blog dofollow.
  • Membuat blog lebih interaktif karena di setiap postingan bisa terjadi diskusi bahkan debat untuk membahas suatu topik tertentu.
  • Meningkatkan reputasi blog di kalangan blogger.

Kerugian Blog Dofollow:

  • Spam. Anda harus bersiap-siap menerima comment yang bernada spam yang semata-mata hanya berniat untuk mencari backlink atau bahkan mengiklankan produk tertentu.

Hanya itu sajakah kerugiannya? Bukankah kita juga memberi link gratis, apakah itu tidak akan mempengaruhi pagerank blog kita? Tidak juga, karena pagerank (PR) dinilai per halaman blog, jadi bukan secara keseluruhan. Artinya, kalau kolom untuk comment tidak terletak pada halaman utama (homepage) blog anda, maka pagerank blog anda juga tidak akan terpengaruh.

Hal yang sama juga perlu kita perhatikan sebelum ber-comment ria di blog-blog yang dofollow. Karena kebanyakan kolom comment pasti tidak berada di halaman utama, berarti anda hanya akan meninggalkan backlink anda di halaman yang PR-nya 0 atau 1. Ini tidak akan banyak membantu untuk mendapatkan PR tinggi bagi blog anda. Kecuali blog anda baru dan ingin mendapatkan PR1 maka cara ini masih cukup membantu, tapi jangan diharapkan untuk mendapatkan PR2, 3, dst…

Kesimpulannya, jadilah seorang blogger yang baik dan berikan komentar yang sesuai dengan artikel yang anda baca. Tentu saja kalau bisa anda komentari juga tulisan ini dengan baik pula ;p

Upss….hampir lupa, berikut cara merubah blog menjadi dofollow:

1.Login pada Blogger.
2.Klik Layout pada Dashboard anda.
3.Pada Layout klik Edit HTML dan centang pada kotak Expand Widget Template.
4.Temukan kode berikut:
a expr:href=’data:comment.authorUrl’ rel=’nofollow’
5.Hapus bagian rel=’nofollow’ sehingga kode menjadi:
a expr:href=’data:comment.authorUrl’
6.setelah itu Save.

0 Comments: