Photobucket

Sabtu, 25 September 2010

Tips Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut adalah mahkota bagi kebanyakan orang terutama wanita. Tetapi untuk mendapatkan rambut yang indah, terurai, hitam dan panjang ternyata tidak mudah. Banyak yang mengatakan rambut panjang mudah sekali rontok. Banyak hal yang menyebabkan kerontokan rambut diantaranya shampo yang tidak cocok, pewarna rambut, keturunan dll.

Beberapa tips untuk menghindari kerontokan rambut :

1. Makanlah makanan yang banyak mengandung zat besi dan protein.
Contohnya : telur, kacang-kacangan, kedelai, ikan dll. Protein sangat penting dan berguna untuk pertumbuhan organ tubuh kita termasuk rambut.

2. Olahraga
Berolahragalah yang teratur. Apabila kita berolahraga secara teratur, peredaran darah dalam tubuh kita akan lancar dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut.

3. Hindari stres
Hindari stres yang berlebihan, karena menurut berbagai sumber, stres menjadi penyebab utama kerontokan rambut bagi banyak orang.

4. Hati-hati memakai shampo
Hindari penggunaan shampo yang mengandung bahan kimia berlebih dan segera beralihlah ke shampo yang menggunakan bahan alami. Bagaimanapun bahan alami jauh lebih baik dan aman dibandingkan dengan bahan kimia.

5. Hati-hati menyisir rambut.
Jangan terlalu kasar ketika menyisir rambut. Apalagi jika rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah lebih mudah rontok ketika disisir.

6. Jangan terlalu sering menarik-narik rambut.

7. Jangan terlalu lama meggunakan helm atau topi karena akan menyebabkan rambut menjadi lembab dan mudah rotok.

8. Hindari rambut dari sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.

9. Jangan terlalu sering menggunakan hairdryer dan sebisa mungkin rambut anda kering karena angin atau udara terbuka.

Demikianlah beberapa tips untuk mencegah kerontokan rambut, mudah-mudahan bermanfaat.

0 Comments: